Sejarah Berdirinya Estadio Santiago Bernabeu

Selama ini kita mengenal baik Stadion Santiago Bernabeu sebagai markas Resmi Real Madrid. Stadion tersebut juga telah menjadi saksi lahirnya sejumlah legenda sepakbola, saksi bisu keberhasilan Real Madrid dalam memenangkan titel juara di berbagai kompetisi sejak puluhan tahun silam. Namun, mungkin hanya sedikit yang tahu tentang sejarah berdirinya stadion mewah nan megah ini.

Sejarah Berdirinya Estadio Santiago Bernabeu

Sebenarnya, Stadion Santiago Bernabeu sendiri dulunya bernama Chamartin Tua, sebuah lapangan sepakbola yang tersisa dari sisa perang dunia ke-2. Saat akan direnovasi oleh Real Madrid, kondisi lapangan tersebut cukup memprihatinkan, sehingga Los blancos kala itu menghabiskan dana yang cukup besar untuk memperbaiki stadion secara keseluruhan.

Akhirnya, pada Oktober 1939, Stadion tersebut kembali dibuka untuk umum, dengan pertandingan pembuka yang mempertemukan derby Madrid antara Real Madrid melawan Atletico Madrid, dimana kala itu Real Madrid berhasil menang dengan skor tipis 2-1. Perlahan, Stadion terus direnovasi dan menjadi total 25.000 Kursi, namun angka tersebut rupanya tidak sanggup memenuhi permintaan para penonton.

Santiago Bernabeu sendiri adalah nama dari legenda Real Marid yang sukses sebagai pemain, pelatih lantas ditunjuk untuk jadi Presiden Klub sejak tahun 1943. Di periode kepemimpinannya, Santiago Bernabeu langsung menerapkan ide renovasi stadion, mimpinya adalah membangun stadion yang mampu menampung hingga 100 Ribu Penonton.

Sebuah stadion yang luar biasa tertulis di halaman sejarah Real Madrid. Chamartín Baru menjadi sebuah lapangan terbaik di Eropa dan salah satu yang paling modern di dunia. Pada kesempatan peresmiannya pada bulan Desember 1947, tim Madrid menang atas tim juara Portugal, Os Belenenses (3-1) menang. Barinaga mencetak gol pertama dan tertulis dalam sejarah skenario ini.

Nama Stadion Chamatin baru berubah menjadi Estadio Santiago bernabeu sejak tahun 1955, dengan nama sang legenda Santiago bernabeu yang diabadikan oleh klub mengingat jasanya dalam revolusi besar Real madrid ketika itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *